Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Kerjasama PAI Peserta Didik SMP Negeri Rengat
Keywords:
Project Based Learning (PjBL), Motivasi Belajar, Kemampuan KerjasamaAbstract
Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) adalah sebuah model pembelajaran yang menggunakan proyek (kegiatan) sebagai inti pembelajaran. Pembelajaran Berbasis Proyek dapat dikatakan sebagai operasionalisasi konsep “Pendidikan Berbasis Produksi” yang saat ini telah dikembangkan dan diimplementasikan di sekolah-sekolah menengah. Tujuan dari penerapan model pembelajaran ini diantaranya adalah meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan kerjasama peserta didik dalam memecahkan masalah dalam suatu kelompok belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1). Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan 2). Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Kerjasama PAI peserta didik SMP Negeri Rengat. Penelitian ini digolongkan penelitian lapangan dan jenisnya eksperimen. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana hanya diambil 4 kelas dengan jumlah 101 peserta didik. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil Uji-t dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan motivasi belajar dan kemampuan kerjasama PAI peserta didik SMP Negeri Rengat dengan taraf signifikansi < alpha 5% yaitu 0,000 < 0,05
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 MGMP PAI SMP Provinsi Riau
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.