Pemikiran Az-Zarnuji Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Modern

Authors

  • M. Dwi Rahman Sahbana Guru SMPN 3 Pekanbaru Author

Keywords:

Az-Zarnuji, Pemikiran, Pendidikan Islam Modern

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang substansi pemikiran Az-Zarnuji dan relevansinya jika diterapkan pada era modern. Penelitian ini menggunakan penelitian data kualitatif dan merupakan library Research karena data-data yang digunakan adalah bersumber dari sumbersumber tertulis. Sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif-analitis, karena penulis hendak mendiskripsikan siapa Az-zarnuji kemudian bagaimana pemikirannya, lalu penulis hendak menganalisis sejauh mana relevansi pemikiran Az-Zarnuji jika digunakan dalam pendidikan Islam masa kini. Beberapa hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa Az- Zarnuji mengajarkan beberapa aspek penting dalam pendidikan yaitu: 1) akhlaqul karimah, 2) pentingnya menjadi murid yang ta’dzim kepada guru, 3) guru bukan hanya pengajar tapi juga mencontohkan perilaku yang baik, dan 4) adab terhadap ilmu itu sendiri. Sementara itu, substansi dari pemikiran Az-Zarnuji jika dikontekstualisasikan ke era masa kini adalah 1) pentingnya menanamkan moral dan etika dalam berliterasi, 2) menfilter perkembangan ilmu sains sebagai upaya interdiscilinary sains dan integrasi-interkoneksi, 3) membentuk relasi guru dan murid sebagi dualisme praktik penegak nilai-nilai Kemanusiaan dalam pendidikan dan kehidupan social

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles