Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Dan Budi Perkerti Dalam Materi Menjadi Pribadi Yang Amanah Dan Jujur Semester Ganjil Kelas Viii Tahun 2022-2023 Di SMP Negeri 34 Pekanbaru

Authors

  • Kasmawati Author

Keywords:

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam tahun pelajaran 2022/2023 di kelas VIII SMP Negeri 34 Pekanbaru dapat diketahui bahwa metode pembelajaran yang diterapkan dikelas tersebut adalah metode konvensional ceramah. Guru menyampaikan materi pelajaran dengan cara ceramah kemudian memberikan penugasan berupa latihan soal. Dalam pembelajaran ini hanya sebagian siswa yang memperhatikan penjelasan guru, kebanyakan siswa merasa bosan serta jika ada materi yang yang belum dipahami siswa kurang berani untuk bertanya. Hal ini menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Oleh sebab itu, perlu dilakukan perubahan terhadap model pembelajaran yang dipakai, dalam hal ini peneliti mengimplementasikan model pembelajaran berdiferensiasi, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam dengan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 34 Pekanbaru Penelitian dirancang dengan menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian tindakan kelas dengan jenis PTK partisipan. Tahapan penelitian dilakukan menurut tahap yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Subyek peneliti sebanyak 20 siswa. Data yang diambil berupa data tentang hasil belajar siswa serta sikap dan ketrampilan siswa ketika proses pembelajaran. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan wawancara. Untuk hasil belajar digunakan Standar Ketuntasan Mininal (SKM) sebagai standar ketuntasan siswa dalam belajar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut; hasil belajar siswa berupa pemahaman konsep secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I dengan rata-rata 69,75 prosentase 45% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 87,25 prosentase 85%. Nilai sikap dan ketrampilan ketika proses pembelajaran berlangsung juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan prosentase 55% meningkat pada siklus II dengan prosentase 85%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran berdiferansiasi dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam dengan tema Al-Khulafau Ar- Rasyidun penerus perjuangan nabi Muhammad Saw. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan guru mampu memberikan pembelajaran yang mudah dipahami seperti mengimplementasikan model pembelajaran berdiferensiasi. Sedangkan bagi peneliti lain diharapkan dapat menyempurnakan penelitian ini dengan mengimplementasikan pada ruang lingkup yang lebih luas.

Downloads

Published

2024-02-01

Issue

Section

Articles