Pelajaran Tatap Muka Terbatas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 14 Pekanbaru

Authors

  • Jamaliah Guru SMPN 14 Pekanbaru Author

Keywords:

pelajaran tatap muka terbatas, pendidikan agama Islam.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pelajaran tatap muka terbatas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan apa saja kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam pelajaran tatap muka terbatas di SMPN 14 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data obeservasi yaitu mengamati kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pelajaran tatap muka terbatas. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif. Kesimpulan: (a) Efektivitas pelajaran tatap muka terbatas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 14 Pekanbaru bisa dikatakan kurang efektif, karena selain kurang nya waktu pembelajaran yang menyebabkan pencapaian dari tujuan pembelajaran tidak sesuai rencana atau kurang maksimal juga tidak ada pembelajaran yang lebih efektif dibandingkan pembelajaran normal dengan waktu yang cukup. (b) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pelajaran tatap muka terbatas memiliki kendala-kendala yang berdampak terhadap proses pembelajaran yang kurang maksimal. Adapun kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam pelajaran tatap muka terbatas di SMPN 14 pekanbaru diantaranya adalah terbatasnya waktu pembelajaran, kurangnya guru memahami karakter siswa, dan kurang nya kesiapan orang tua untuk mengawasi anaknya selama pelajaran tatap muka terbatas diterapkan

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles