Landasan Filosofis Pengembangan Kurikulum PAI Dalam Buku Analisis Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Karya Muhammad Kristiawan

Authors

  • Muhammad Fadly Alhadi Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Pekanbaru Author

Keywords:

pengembangan kurikulum, PAI, landasan filosofis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji landasan filosofis penciptaan kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam buku Analisis Pengembangan dan Pembelajaran Kurikulum karya Muhammad Kristiawan. Ini adalah studi berbasis perpustakaan. Untuk mengungkap, menafsirkan, dan menangkap pesan karya sastra, teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Tujuan desain kurikulum adalah agar siswa memiliki dasar yang kuat dalam agama. Dalam kebanyakan kasus, simbolisme digunakan untuk mewakili makna dalam analisis isi. Tujuan dari analisis isi adalah untuk menemukan makna simbolis yang tersembunyi dalam karya sastra. Temuan Buku Analisis Pengembangan dan Pembelajaran Kurikulum Muhammad Kristiawan menunjukkan bahwa ketika mengembangkan kurikulum Pendidikan Islam yang berbasis filosofis, disajikan berbagai paradigma dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan pemahaman tentang hal ini harus didistribusikan secara merata di antara semua pemegang tumpukan pendidikan

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles