Landasan Filosofis Pengembangan Kurikulum PAI Dalam Buku Analisis Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Karya Muhammad Kristiawan
Keywords:
pengembangan kurikulum, PAI, landasan filosofisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji landasan filosofis penciptaan kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam buku Analisis Pengembangan dan Pembelajaran Kurikulum karya Muhammad Kristiawan. Ini adalah studi berbasis perpustakaan. Untuk mengungkap, menafsirkan, dan menangkap pesan karya sastra, teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Tujuan desain kurikulum adalah agar siswa memiliki dasar yang kuat dalam agama. Dalam kebanyakan kasus, simbolisme digunakan untuk mewakili makna dalam analisis isi. Tujuan dari analisis isi adalah untuk menemukan makna simbolis yang tersembunyi dalam karya sastra. Temuan Buku Analisis Pengembangan dan Pembelajaran Kurikulum Muhammad Kristiawan menunjukkan bahwa ketika mengembangkan kurikulum Pendidikan Islam yang berbasis filosofis, disajikan berbagai paradigma dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan pemahaman tentang hal ini harus didistribusikan secara merata di antara semua pemegang tumpukan pendidikan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 MGMP PAI SMP Provinsi Riau
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.