Pengelolaan Lingkungan Belajar Oleh Guru Pendidikan Agama Islam
Keywords:
Pengelolaan Lingkungan Belajar, Guru PAIAbstract
Artikel ini mendiskusikan tentang bagaimana mengelola lingkungan belajar yang dilakukan oleh seorang guru PAI di sekolah. Maka tujuan dari penelitian ini untuk melihat sejauhmana peran guru PAI di tiap sekolah dalam pengelolaan lingkungan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji data mengguanakan trianggulasi. Kemudian data disajikan dengan analisis deskriftif. Pengelolaan lingkungan belajar fisik di SMPN 4 Kota Pekanbaru tergolong sangat baik dengan kondisi objek adalah sangat baik. Kondisi harmonis yang terjalin antar sesama guru PAI, guru PAI dengan guru lain, pihak atasan, tata usaha, dan komponen sekolah lainnya, baik di SMPN 4 Kota Pekanbaru maupun di SMPN 14 Kota Pekanbaru telah menciptakan lingkungan non fisik/sosial yang baik bagi proses pembelajaran di sekolah. Begitupun dengan hubungan baik, saling menghormati dan menyayangi yang terjalin antara peserta didik dan guru, serta antar peserta didik itu sendiri. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan lingkungan belajar oleh guru PAI di kedua sekolah ini telah berjalan dengan optimal, meski keadaan di lapangan menunjukkan bahwa SMPN 4 Kota Pekanbaru memiliki prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan SMPN 14 Kota Pekanbaru, serta merupakan salah satu SMPN favorit di Pekanbaru
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 MGMP PAI SMP Provinsi Riau
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.