Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Memberikan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 2 Bangkinang Kota
Keywords:
Media Pembelajaran Wordwall, Pemahaman, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 2 Bangkinang Kota. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental design, dengan bentuk nonequivalent controlgroup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Bangkinang Kota yang berjumlah 221 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini ialah kelas VII A berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII E berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% (6,371 > 1,673) dan perhitungannilai sig 2 tailed < α 0,05 (0,000 < 0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman siswa pada penggunaan media pembelajaran wordwall dengan penggunaan media pembelajaran cetak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Bangkinang kota. Hasil mean skor kelas eksperimen 91.93 lebih tinggi dari kelas kontrol 85.24.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MGMP PAI SMP Provinsi Riau
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.