Model Pembelajaran Teams Assisted Individualization Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru

Authors

  • Mudasir Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Author
  • Siti Shofiya Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Author

Keywords:

Model Pembelajaran, Teams Assisted, Individualization, Motivasi Belajar, Fiqih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan model pembelajaran teams assisted individualization sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental design, dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang mengikuti pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru yang berjumlah 284 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini ialah kelas X MIA 1 berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan independent  sample t-test. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% (3,413 > 1,668) dan perhitungan nilai sig (2 tailed) <???? (0,001 < 0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran teams assisted individualization terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru. Hasil Mean Skor kelas eksperimen 87.80 lebih tinggi dari kelas kontrol 80.09

Downloads

Published

2024-12-13

Issue

Section

Articles