Pengembangan Modul Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VII Berbasis Elektronik
Keywords:
Pengembangan, Modul Elektronik, Pembelajaran, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat validitas, tingkat praktikalitas, dan tingkat efektivitas pengembangan modul pembelajaran berbasis elektronik dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi pelajaran Pendidikan Agama Islamdi melalui model pengembangan four-D(4D). Instrumen yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket respon validator, angket respon praktisi dan tes pemahaman peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas dinyatakan sangat valid dengan perolehan persentase 90.91%. Hasil pengujian tingkat praktikalitas dinyatakan sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan sebesar 89,71%. Hasil pengujian tingkat efektivitas pada uji coba skala kecil, sebesar 88.0% dengan kategori tingggi dan pada skala besar sebesar 85,29% dengan kategori tingggi. Sehingga diperoleh persentse akhir pada pengujian efektivitas pengembangan modul pembelajaran berbasis elektronik dalam meningkatkan pemahaman peserta didik baik dalam skala kecil dan besar sebesar 86,65%, yang termasuk dalam kategori tinggi. Pengembangan modul pembelajaran berbasis elektronik mendapat hasil pengujian yang sangat valid, sangat praktis dan efektif
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 MGMP PAI SMP Provinsi Riau

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.